Memperkenalkan: Microsoft Azure Cloud Service

modal-prompt-product-cloud-platform-azure

Apa Microsoft Azure itu? Menurut Wikipedia Microsoft Azure adalah

sebuah platform komputasi awan (cloud computing) dan infrastruktur yang dibuat oleh Microsoft untuk membangun, men-deploy, dan mengelola aplikasi dan layanan melalui jaringan global dari pusat data Microsoft (Microsoft-datacenters).

default_signin_illustration

Jadi, Microsoft Azure itu adalah salah satu service atau layanan cloud computing yang bibuat oleh Microsoft untuk kepentingan semua yang berkaitan dengan cloud. Diantaranya  terdapat service seperti

Web Apps (Web Hosting): Dengan layanan ini kita dapat meletakkan atau mengupload bahkan membuat website yang nantinya akan tempatkan di cloud infrastrukturnya Microsoft.

Virtual Machine: Dalam layanan ini, Azure juga menyediakan berbagai images virtual machine yang mungkin akan dibutuhkan dalam kepentingan cloud.

Mobile Service: Layanan ini menyediakan fitur untuk mengembangkan aplikasi mobile seperti aplikasi Windows Phone, iOS, atau mungkin Android yang terintegrasi dengan Azure.

Nah, selain layanan diatas, Microsoft Azure juga menyediakan ada banyak layanan lain seperti Data Services, Storage, SQL Database, Network, Virtual Network dan lain-lain.

Berikut adalah tampilan dari Portal Azure* yang bisa di akses langsung dari portal.azure.com atau bisa klik disini

Screenshot (8)

*hanya bisa diakses jika kamu telah berlangganan Microsoft Azure

Apakah ada limitasi terhadap layanan Microsoft Azure?

Microsoft Azure memang begitu banyak menyediakan service untuk semua kebutuhan yang berkaitan dengan cloud computing, namun Azure memiliki limitasi untuk beberapa hal. Akan tetapi, limitasi ini adalah hal yang wajar dikarenakan layanan ini merupakan salah satu teknologi cloud terbaik dengan award layanan security, storage dan sebagainya. Kemudian apa yang membuatnya menjadi limitasi atau terbatas? Karena layanan ini TIDAK GRATIS alias berbayar, sehingga pada umumnya hanya perusahaan-perusahaan saja yang banyak menggunakan Azure dari pada personal. akan tetapi, kita bisa mendapatkan Microsoft Azure secara gratis (limited time) melalui subscribe Free Trial atau dengan subscribe DreamSpark Student Edition yang bisa didapatkan dari Sekolah atau Kampus yang ingin bergabung mendaftar.

Dengan versi free trial hanya bisa menikmati layanan Azure selama 30 hari saja, dan untuk edisi subscribe DreamSpark for Students beberapa layanan external mungkin tidak bisa dinikmati.

Artikel ini ditulis dan diperkuat dengan berdasarkan Sertifikasi MVA : Keamanan di Dunia Berbasis Cloud

3 pemikiran pada “Memperkenalkan: Microsoft Azure Cloud Service

  1. Ping balik: How to: Upload Website ke Microsoft Azure Cloud Service melalui Azure FTP | Portal Teknologi Informasi

  2. Ping balik: How to: Upload Website ke Microsoft Azure Cloud Service melalui Visual studio 2015 | Portal Teknologi Informasi

  3. Ping balik: How to: Upload Website ke Microsoft Azure Cloud Service melalui Visual studio 2015 | Portal Teknologi Informasi

Berikan balasan pada blog ini